Tumbuhan Yang Melakukan Perkembangbiakan Secara Vegetatif

Tumbuhan Yang Melakukan Perkembangbiakan Secara Vegetatif – Berikut Pengertian definisi apa itu Tumbuhan Yang Melakukan Perkembangbiakan Secara Vegetatif – Banyak tumbuhan yang dapat berkembangbiak tanpa melalui perkawinan. Tumbuhan tersebut dapat dihasilkan tanpa melalui proses perkawinan. Perkembangbiakan yang terjadi tanpa proses perkawinan disebut perkembangbiakan secara vegetatif. Perkembangbiakan secara vegetatif dapat terjadi melalui dua cara. Jika perkembangbiakan vegetatifnya terjadi tanpa campur tangan manusia, disebut vegetatif alami. Adapun perkembangbiakan vegetative yang terjadi dengan campur tangan manusia, disebut vegetatif buatan.

Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan suatu organisme yang tidak didahului oleh pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Perkembangbiakan vegetatif ini disebut juga perkembangbiakan secara tidak kawin atau aseksual, perkembangbiakan vegetatif hanya membutuhkan satu organisme saja sebagai induknya. Binatang dan tumbuhan tingkat rendah umumnya melakukan perkembangbiakan vegetatif, tetapi ada pula tumbuhan tingkat tinggi yang melakukannya.

Beberapa cara perkembangbiakan vegatatif yang terjadi pada tumbuhan binatang tingkat rendah di antaranya dengan cara:

– Membelah diri: Perkembangbiakan vegetatif dengan membelah diri terjadi pada individu bersel satu. Sel tersebut membelah diri menjadi dua bagian. Kedua bagian itu juga berupa sel yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Sel yang membelah itu disebut sel induk. Organisme yang berkembang biak secara membelah diri di antaranya Amoeba dan berbagai jenis ganggang bersel satu.

– Berspora: Perkembangbiakan vegetatif dengan cara berspora terjadi pada tumbuhan jamur, lumut, ganggang, dan paku-pakuan. Spora sebagai alat perkembangbiakan tumbuh menjadi individu baru.

– Bertunas: Tunas adalah jaringan pada organisme yang menonjol pada salah satu bagian tubuh organisme dewasa yang memiliki kemampuan untuk tumbuh menjadi individu baru. Makhluk hidup tingkat rendah yang berkembangbiak dengan tunas diantaranya jamur ragi dan Hydra. Pada tumbuhan tingkat tinggi, perkembangbiakan vegetatif terjadi dengan cara: Rhizoma, (seperti pada tanaman jahe, kunyit, laja, lengkuas, dan temulawak). Umbi batang, (seperti pada pohon talas dan kentang Stolon atau geragih, seperti pada tanaman strowberi). Stek batang, (seperti pada tanaman singkong). Tunas, (seperti pada tanaman pisang, cocor bebek, kersen, dan kesemek). Umbi lapis, (seperti pada tanaman bawang merah, bawang cina, dan bawang putih).

1. Perkembang Biakan Tak Kawin Secara Alami / Vegetatif Alami

Perkembangbiakan secara alami adalah berkembang biaknya tumbuhan tanpa bantuan tangan manusia untuk terjadi pembuahan / anakan tanaman baru.

a. Umbi Lapis.

Umbi lapis adalah tumbuhnya tunas pada sela-sela lapisan umbi. Contohnya seperti bawang merah.

b. Umbi Batang.

Umbi batang adalah batang yang beralih fungsi sebagai tempat penimbunan makanan dengan calon tunas-tunas kecil yang berada di sekitarnya yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh seperti jagung dan ketela rambak.

C. Geragih.

Geragih adalah batang yang menjalar secara terus-menerus di mana pada ruas batang dapat muncul tunas-tunas baru. Misalnya seperti tanaman rumput teki, arbei, kangkung, dan lain sebagainya.

d. Akar Tunggal.

Akar tunggal adalah tunas yang muncul pada batang tumbuhan yang tumbuh secara mendatar di tanah. Contohnya seperti keladi, alang-alanga, dll.

e. Spora.

Spora adalah cara tumbuhan paku, lumut dan jamur berkembang biak dengan membentuk spora tempat tunas baru akan muncul.

f. Tunas

Tunas adalah tumbuhan anakan yang muncul di samping tumbuhan induknya. COntohnya yakni seperti pohon pisang, bambu, tebu, dan lain sebagainya.

g. Tunas Adventif.

Tunas adventif adalah tunas yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu seperti pada akar, daun, dsb. Contoh tanaman bertunas adventif adalah seperti pohon cemara, kesemek, sukun, dll.

h. Hormegenium

Hormegenium adalah perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan ganggang berbentuk benang dengan cara memutus benang yang ada. Pada benang yang terputus nantinya kana tumbuh individu baru.

i. Pembelahan Sel.

Pembelahan sel adalah perkembangbiakan pada tumbuhan bersel satu.

2. Perkembang Biakan Tidak Kawin Buatan / Reproduksi Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan secara buatan adalah berkembang biaknya tumbuhan tanpa bantuan campur tangan manusia.

a. Metode Mencangkok / Cangkok

Mencangkok adalah suatu cara mengembangbiakkan tumbuhan dengan jalan menguliti batang yang ada lalu bungkus dengan tanah agar akarnya tumbuh. Jika akar sudah muncul akar yang kokoh, maka batang tersebut sudah bisa dipotong dan ditanam di tempat lain.

b. Merunduk / Menunduk

Merunduk adalah teknik berkembang biak tumbuh-tumbuhan dengan cara menundukkan batang tanaman ke tanah dengan harapan akan tumbuh akar. Setelah akar timbul, maka batang sudah bisa dipotong dan dibawa ke tempat lain.

c. Menyetek / Nyetek

Menyetek adalah perkembangbiak tumbuhan dengan jalan menanam batang tanaman agar tumbuh menjadi tanaman baru. Contohnya seperti singkong.

d. Menyambung / Mengenten

Mengenten adalah perkembang biakan buatan yang biasanya dilakukan pada tumbuhan sejenis buah-buahan atau ketela pohon demi mendapatkan kualitas buat yang baik.

loading...

Tumbuhan Yang Melakukan Perkembangbiakan Secara Vegetatif

perkembangbiakan ragi, perkembangbiakan kersen, kersen berkembang biak dengan cara, cara berkembangbiak kina, cara perkembangbiakan kersen, cara perkembangbiakan pada Ragi, jelaskan perkembangbiakan ragi, Perkembang biakan ragi
Tumbuhan Yang Melakukan Perkembangbiakan Secara Vegetatif | admin | 4.5