Sekretariat ASEAN Berkedudukan Di?

Sekretariat ASEAN Berkedudukan Di? – Berikut Pengertian definisi apa itu Sekretariat ASEAN Berkedudukan Di? – ASEAN (Assosiation of Southeast Asian Nations) atau Asosiasi negara-negara Asia Tenggara merupakan organisasi regional yang mewadahi kerjasama antar negara-negara di Asia Tenggara.

Tujuan ASEAN

1. Memajukan stabilitas dan perdamaian regional di Asia Tenggara.

2. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di negara-negara Asia Tenggara.

3. Memajukan kerjasama dan saling membantu di antara negara-negara ASEAN.

4. Menyediakan bantuan satu sama lain dalam bentuk fasilitas latihan dan penelitian.

5. Memajukan studi-studi masalah Asia Tenggara.

6. Kerjasama yang lebih besar dalam bidang pertanian, industri, perdagangan, pengangkutan dan komunikasi.

7. Memelihara dan meningkatkan kerjasama yang berguna dengan organisasi-organisasi regional dan internasional yang ada.

Struktur Organisasi ASEAN

1. Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN yang berdiri sejak tanggal 7 Juni 1976, berfungsi untuk membantu negara-negara anggota ASEAN dalam mengelola dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan ASEAN serta melakukan kajian-kajian yang dibutuhkan. Sekretariat tetap ASEAN berpusat di Jakarta dan dipimpin oleh sekretaris jenderal. Sekretaris jenderal yang pertama yaitu letjen. H.R Dharsono. Sekretariat Nasional ASEAN berkedudukan di masing-masing negara anggota ASEAN.

Sekretariat Tetap ASEAN berkedudukan di Jakarta, sedangkan Sekretariat Nasional ASEAN berkedudukan di negara masing-masing anggota ASEAN.

Indonesia dipilih menjadi menjadi tempat Sekretariat tetap ASEAN karena beberapa alasan, antara lain;

a. Indonesia terletak diantara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta berada diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, sehingga Indonesia dianggap memiliki posisi yang strategis baik dari segi politik maupun ekonomi Internasional.

b. Jakarta adalah Ibukota Negara Indonesia, dimana hampir seluruh sarana, prasarana dan infrastruktur yang diperlukan, telah tersedia sehingga mampu memfasilitasi komunikasi dengan banyak negara

c. Jakarta merupakan Kota Metropolitan, dengan luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa pada tahun 2011] Wilayah metropolitan Jakarta (Jabodetabek) yang berpenduduk sekitar 28 juta jiwa, merupakan metropolitan terbesar di Asia Tenggara

Jakarta telah menjadi Kota Kosmopolitan, yang artinya kota besar yang mempunyai sifat internasional dengan banyaknya lembaga yang mewakili lembaga negara lain dan banyaknya penduduk yang merasa dirinya mewakili kebudayaan dan pemikiran internasional. Misal Gedung Kedutaan Besar, Gedung PBB dan lain sebagainya.

2. Sidang Tahunan Para Menteri Luar Negeri

Bertujuan merumuskan garis kebijakan sesuai Deklarasi Bangkok dan memeriksa implikasi politik terhadap beberapa keputusan ASEAN.

3. Sidang-sidang Menteri-menteri Ekonomi

Dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Bertujuan merumuskan kebijakan ekonomi dan menilai hasil yang dicapai dalam kerjasama ASEAN.

4. Panitia Tetap

Bertugas membuat keputusan dan menjalankan keputusan hasil sidang para menteri luar negeri.

5. Sidang-sidang Menteri Lainnya

Masalah yang dibahas dalam sidang antara lain pendidikan, kesehatan, sosial, kebudayaan, penerangan, perburuhan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

loading...

Sekretariat ASEAN Berkedudukan Di?

Sekretariat ASEAN Berkedudukan Di? | admin | 4.5