Planet yang Memiliki Kala Rotasi Paling Lama

Planet yang Memiliki Kala Rotasi Paling Lama – Berikut Pengertian definisi apa itu Planet yang Memiliki Kala Rotasi Paling Lama – Planet merupakan salah satu dari materi penyusun jagat raya yang kita kenal selama ini selain matahari, bulan, bintang, galaksi, asteroid, meteoroid, komet, dan mungkin masih ada yang lainnya.

Planet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Waktu perputaran planet dalam mengelilingi matahari dikenal sebagai kala revolusi. Dan kita mengenal ada 8 buah planet besar yang mengelilingi matahari, yaitu :

1. Merkurius –> kala revolusi : 88 hari/putaran

2. Venus –> kala revolusi : 224,7 hari/putaran

3. Bumi –> kala revolusi : 365,3 hari/putaran

4. Mars –> kala revolusi : 687 hari/putaran

5. Jupiter –> kala revolusi : 11,9 tahun atau 4334 hari

6. Saturnus –> kala revolusi : 29,5 tahun/putaran

7. Uranus –> kala revolusi : 84 tahun atau 30.686 hari/putaran

8. Neptunus –> kala revolusi : 164,8 tahun/putaran atau 61.663 hari/putaran

Ke-8 planet tersebut juga berputar pada suatu lintasan tetap berbentuk elips yang disebut orbit atau poros. Waktu yang dibutuhkan oleh suatu benda langit termasuk planet dalam mengelilingi orbit atau porosnya disebut kala rotasi. Lalu dari ke-8 planet tersebut, yang manakah yang memiliki kala rotasi terlama? Mari disimak :

1. Merkurius –> kala rotasi : 58,6461 hari

2. Venus –> kala rotasi : 243,16 hari

3. Bumi –> kala rotasi : 23 jam 56 menit

4. Mars –> kala rotasi : 24 jam 37 menit

5. Jupiter –> kala rotasi : 9 jam 55 menit

6. Saturnus –> kala rotasi : 10 jam 13 menit

7. Uranus –> kala rotasi : 17,2 jam

8. Neptunus –> kala rotasi : 16 jam 17 menit

Berdasarkan daftar sederhana tersebut, dapat diketahui bahwa ternyata planet yang memiliki kala rotasi paling lama adalah VENUS.

Sekilas tentang planet Venus

Venus merupakan planet ke-2 yang memiliki jarak terdekat dari matahari setelah merkurius. Itulah sebabnya Venus juga tidak memerlukan waktu terlalu lama dalam mengitari matahari sekali putaran, yaitu hanya memerlukan waktu sekitar 225 hari saja, dan hanya selisih sedikit dengan bumi yang memerlukan waktu sekitar 365 hari untuk mengelilingi matahari sekali putaran (setahun).

Walaupun jaraknya dekat dengan matahari tetapi Venus adalah planet yang memerlukan waktu terlama untuk mengitari lintasan atau porosnya sendiri, yaitu sekitar 243 hari. Jadi bisa dibayangkan bahwa 1 hari di Venus = sekitar 10 bulan di bumi. Lama juga ya?

Meskipun begitu, Venus memiliki suatu keunikan yang mungkin tidak dimiliki oleh planet lainnya, karena masing-masing planet sebenarnya memiliki keunikannya tersendiri. Venus yang sering disimbolkan sebagai wanita, namanya memang diambil dari mitologi Romawi kuno yang berasal dari nama seorang dewi cinta dan kecantikan ‘Venus’. Sepertinya penamaan namanya memang disesuaikan dengan penampakan planet ini yang konon paling cerah di malam hari.

Venus memang layak menjadi objek tercerah kedua setelah bulan di langit malam. Dengan magnitudo yang tampak sebesar -4.6, planet ini cukup cerah untuk menghasilkan bayangan. Venus merupakan planet inferior dengan sudut elongasi yang mencapai 47,8°.

Kecerahan maksimal Venus dapat dilihat segera sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, sehingga sering disebut sebagai ‘Bintang Fajar’ atau ‘Bintang Senja’. Jadi jika kalian penasaran akan kecantikan Venus, kalian bisa mencoba untuk mengamatinya langsung

Venus juga kadang disebut sebagai planet yang ‘bersaudara’ dengan bumi karena memiliki ukuran, gravitasi, dan komposisi yang hampir menyamai bumi, selain itu planet ini juga merupakan planet yang terdekat dengan bumi.

Meskipun demikian, sebenarnya planet ini juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan bumi sebab planet ini memiliki atmosfer terpadat di antara 4 planet yang terdekat dengan matahari di mana atmosfernya terdiri dari 96% karbondioksida.

Ditambah lagi tekanan atmosfernya di permukaan yang 92 kali lebih besar daripada di bumi. Hal ini menyebabkan suhu rata-rata di permukaannya berada di kisaran 735 K (462 °C; 863 °F). Sangat panas kan? Yaa, Venus memang merupakan planet terpanas di antara ke-8 planet yang mengelilingi matahari.

Oleh karena itu, Venus belum layak untuk ditinggali oleh makhluk hidup mengingat kondisinya yang memang tidak memungkinkan untuk ditinggali. Apalagi planet ini juga tidak memiliki siklus karbon yang akan memerangkap karbon dalam batuan dan kenampakan permukaan, dan juga tidak memiliki kehidupan organik yang dapat menyerap karbon dalam bentuk bio-massa.

Venus diselimuti oleh lapisan buram yang terdiri dari awan asam sulfat yang sangat reflektif, sehingga permukaannya tidak dapat dilihat dari luar angkasa. Permukaan Venus sendiri bergurun, kering, dan diselingi oleh batuan yang diperbarui secara periodik oleh aktivitas vulkanik.

loading...

Planet yang Memiliki Kala Rotasi Paling Lama

mengapa neptunus mengalami rotasi yang paling lama, planet apa yang mempunyai kala revolusi paling lama, planet dengan kala revolusi paling lama
Planet yang Memiliki Kala Rotasi Paling Lama | admin | 4.5