Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penyebabnya

penyakit sistem reproduksi wanita beserta gambarnya

penyakit sistem reproduksi wanita beserta gambarnya

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penyebabnya bisa disebabkan oleh penyakit atau kelainan oleh sebagian aspek seperti virus maupun bakteri lewat jalinan hubungan s3ksual. Gangguan pada sistem reproduksi manusia dapat menyerang baik pria maupun wanita. Namun ada beberapa penyakit yang hanya menyerang pria atau wanita.

Macam macam penyakit pada sistem reproduksi manusia penyebabnya dan cara pencegahannya

1. Kanker V4gina

Penyakit pada sistem reproduksi wanita ini menyerang wanita. Kanker v4gina hingga sekarang ini tak di ketahui pemicunya serta kemungkinan dikarenakan oleh virus yang mengakibatkan iritasi. Usaha penyembuhannya bisa dikerjakan dengan kemoterapi serta bedah laser.

2. Masalah Menstruasi

Penyakit ini menyerang wanita. Masalah atau penyakit ini dapat berbentuk amenore primer serta amenore sekunder. Amenore primer adalah tanda-tanda di mana menstruasi tak berlangsung sampai umur 17 th. serta unsur s3ksual sekunder juga tak berkembang. Disamping itu, amenore sekunder yaitu tak sistem menstruasi sepanjang 3 sampai 6 bln. pada wanita yang sudah alami siklus menstruasi pada awal mulanya.

3. Kanker Serviks

Penyakit ini menyerang wanita. Kanker serviks yaitu kanker yang berlangsung pada serviks (leher rahim) yang nyaris seluruhnya dikarenakan oleh virus HPV (Human papilloma virus). Tanda-tanda awal berbentuk pendarahan pada v4gina yang baru nampak waktu masuk stadium lebih jauh. Kanker serviks tak menular. Perlakuannya yaitu dengan pengangkatan uterus, oviduk, ovarium, sepertiga sisi atas vagina, serta kelenjar limfa panggul.

4. AIDS

Penyakit ini menyerang baik pria ataupun wanita. AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome yaitu penyakit yang mengakibatkan kerusakan sistem imun pada manusia dengan menyerang sel darah putih. Hingga saat ini penyakit ini belum dapat sembuh bahkan juga vaksinnya belum diketemukan hingga sangatlah beresiko serta mematikan. AIDS dikarenakan oleh virus HIV (Human immunodeficiency virus). Virus ini menular melalui darah serta cairan kelamin baik lewat jarum suntik, ASI, ataupun lewat jalinan s3ksual.

5. Epididimitis

Penyakit ini menyerang pria. Epididimitis yaitu peradangan pada saluran epididimis yang dikarenakan oleh infeksi atau lantaran terserang penyakit menular s3ksual (PMS). Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri dibarengi pembengkakan pada salah satu t3stis.

Gangguan Penyakit dan Kelainan pada Sistem Reproduksi Manusia Penularan dan Pencegahan

6. Sifilis

Penyakit ini menyerang pria. Sifilis yaitu penyakit kelamin yang dikarenakan oleh bakteri Treponema pallidium yang ditandai dengan beragam tanda-tanda yakni :

Luka pada alat kelamin, rektum, lidah, serta bibir.
Pembengkakan getah bening di bagian paha.
Bercak-bercak di semua badan.
Tulang serta sendi merasa nyeri ruam pada badan terlebih di bagian tangan serta telapak kaki.
Tanda-tanda ini dapat hilang meskipun bakteri masih tetap ada didalam badan. Bakteri ini bisa menyerang otak sampai alami kebutaan serta hilang ingatan. Penyakit ini bisa menular ke orang lain. Penyembuhan bisa dikerjakan dengan antibiotik yang didapatkan selekasnya.

7. Herpes Genetalis

Herpes yaitu penyakit yang dikarenakan oleh infeksi virus herpes yang ditandai dengan rasa gatal serta sakit di seputar alat kelamin.

8. Hipogonadisme

Hipogonadisme yaitu penyakit yang menyerang pria serta ditandai dengan penurunan manfaat testis. Pemicu penyakit ini yaitu ada masalah pada hubungan hormon yang mengakibatkan infertilitas, impotensi, serta tak ada sinyal tanda kepriaan. Perlakuan penyakit hipogonadisme yaitu dengan therapy hormon.

9. Gonore

Penyakit gonore atau yang umum dimaksud kencing nanah dikarenakan oleh bakteri. Tanda-tanda penyakit ini yaitu keluarnya cairan seperti nanah dari saluran kelamin, nampak rasa panas, serta kerap buang air kecil. Bakteri yang mengakibatkan gonore bisa menebar ke semua badan hingga mengakibatkan rasa nyeri pada persendian serta bisa menyebabkan kemandulan. Gonore bisa sembuh dengan pemakaian antibiotik dengan cara cepat.

10. Kanker Ovarium

Kanker ovarium yaitu kanker yang menyerang ovarium pada alat kelamin wanita. Tanda-tanda penyakit ini tak terang tetapi umumnya ditandai oleh rasa pegal pada panggul, pergantian manfaat saluran pencernaan, atau alami pendarahan abnormal pada vagina. Kanker ovarium bisa diakukan dengan kemoterapi serta pembedahan.

11. Endometriosis

Endometriosis yaitu penyakit di mana jaringan endometrium wanita ada diluar lokasi rahim yakni ovarium, oviduk, maupun di jalur luar rahim wanita. Gejalanya yaitu nyeri di bagian perut, pinggang sakit, serta rasa tak nyaman terlalu berlebih waktu menstruasi.

12. Kanker Rahim

Kanker rahim (uterus) yaitu kanker yang kerap berlangsung di endometrium. Endometrium yaitu tempat di mana janin tumbuh. Penyakit ini menyerang wanita yang berumur di antara 60 hingga 70 th..

13. Keputihan

Ada 2 jenis keputihan, yakni yang normal serta yg tidak normal. Keputihan normal apabila lendir berwarna bening, tak berbau, serta tak gatal. Apabila salah satu saja dari ketiga prasyarat itu tak tercukupi bermakna keputihan itu disebutkan tak normal.

14. Infeksi Vagina

Infeksi ini menyerang wanita umur produktif terlebih yang sudah menikah. Pemicunya yaitu jalinan kelamin. Penyakit ini ditandai dengan keputihan serta muncul gatal-gatal.

15. Hernia Inguinal

Hernia Inguinal yaitu masalah atau kelainan yang ditandai dengan beberapa usus terdorong menembus dinding abdominal serta masuk ke selangkangan atau skrotum. Kelainan ini tampak juga sebagai satu pembengkakan di daerah selangkangan. Kelainan ini bisa diakukan lewat cara pembedahan.

16. Kandida

Kandida yaitu berbagai macam jamur yang hidup di saluran pencernaan, saluran kemih, serta genital. Jamur kandida yang umum mengakibatkan infeksi yaitu Kandida albikans. Tanda-tanda yang berlangsung bila infeksi berlangsung pada v4gina yaitu gatal-gatal di bagian kemaluan terlebih saat malam hari dan keluarnya cairan v4gina berwarna pekat seperti keju s/d keruh encer. Jamur ini bisa menular lewat persetubuhan. Penyakit ini bisa diakukan dengan obat anti jamur.

17. Penyempitan Saluran Telur/Oviduk

Kelainan ini adalah aspek bawaan atau lantaran infeksi. Saluran telur yang sempit bakal menyusahkan sperma untuk meraih sisi dalam oviduk. Mengakibatkan yaitu berlangsung kesusahan dalam sistem pembuahan.

18. Fibroadenoma

Fibroadenoma yaitu tumor jinak yang ditandai karenanya ada tonjolan kenyal pada payudara. Penyakit ini bisa diobati dengan operasi.

19. Condyloma

Condyloma yaitu masalah yang ditandai dengan tonjolan seperti bunga kol atau jengger ayam. Penyakit ini di kenal juga sebagai kutil kelamin. Condyloma adalah penyakit menular s3ksual yang dikarenakan oleh human papilloma virus (HPV). Penyembuhan bisa dikerjakan dengan obat beri, obat suntik, atau operasi.

20. Kanker Prostat

Kanker prostat yaitu kanker yang berkembang dibagian kelenjar prostat pada pria. Sel kanker prostat bisa menebar ke sisi badan yang lain terlebih pada tulang serta lymph node. Tanda-tanda kanker prostat yaitu kesusahan buang air kecil, rasa sakit dibagian prostat, impotensi, serta yang lain.

21. Pseudohermaphrodite

Kelainan ini sangatlah langka. Pseudohermaphrodite yaitu kelainan di mana bentuk alat kelamin seperti laki-laki serta wanita tetapi tak prima. Kelaminnya mempunyai p3nis yang sangatlah kecil tetapi tak mempunyai testis. Bahkan juga pada sebagian bayi diketemukan jaringan testis serta ovarium. Penyakit ini yaitu bawaan mulai sejak lahir.

22. Ejakulasi Dini

Ejakulasi awal yaitu masalah di mana pria tidak bisa mengatur sistem ejakulasi.

23. Impotensi

Impotensi yaitu masalah pada laki-laki yang bikin p3nis tidak bisa lakukan ereksi. Impotensi dikarenakan oleh aspek hormonal, aspek psikologis, atau emosional seorang.

24. Mikrop3nis

Mikrop3nis yaitu kelainan pada laki-laki di mana p3nis memiliki ukuran dibawah rata-rata.

25. Vulvovaginatis

Vulvovaginatis yaitu peradangan pada vulva serta v4gina yang mengakibatkan keputiha. Penyakit ini dikarenakan oleh beragam mikroorganisme.

Pencarian: Macam-Macam Gangguan Kelainan pada Alat Reproduksi Pria Wanita

loading...

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penyebabnya

penyakit pada alat reproduksi wanita beserta gambarnya, penyakit pada sistem reproduksi dan cara pencegahannya, penyakit pada sistem reproduksi manusia beserta gambarnya, penyakit pada sistem reproduksi manusia dan cara pencegahannya, penyakit pada sistem reproduksi wanita beserta gambarnya, penyakit pada alat reproduksi manusia beserta gambarnya, makalah sistem reproduksi pada manusia beserta gambarnya, penyakit pada sistem reproduksi manusia dan cara mengatasinya, penyakit pada sistem reproduksi, penyakit pada sistem reproduksi wanita dan cara mengatasinya
Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Penyebabnya | admin | 4.5