Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan

contoh seni rupa murni nusantara dan mancanegara

contoh seni rupa murni nusantara dan mancanegara

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan –  Seni yaitu hasil imajinasi atau pengungkapan ekspresi manusia dan karya seni pada umumnya memiliki kandungan nilai estetika. Seni rupa yaitu salah satu beberapa macam seni. Seni rupa yaitu salah satu cabang seni yang membuat karya seni yang bisa dipandang oleh mata dan dirasa oleh rabaan. Salah satu cabang seni rupa yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Tersebut disini pengertian seni rupa murni dan terapan. Segera saja kita simak yang pertama :

Pengertian Seni Rupa yaitu cabang seni yang membuat karya seni dengan media yang dapat di tangkap mata dan dirasa dengan rabaan. Kesan ini di ciptakan dengan memproses rencana titik, garis, bagian, bentuk, volume, warna, struktur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa dipandang dari sisi fungsinya dibedakan pada seni rupa murni dan seni rupa terapan, sistem penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata umpamanya lukisan, sedang seni rupa terapan sistem pembuatannya mempunyai maksud dan manfaat spesifik umpamanya seni kriya. Sedang, bila dilihat dari sisi bentuk dan memiliki bentuk, seni rupa terdiri 2 yakni seni rupa 2 dimensi yang cuma mempunyai panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang mempunyai panjang lebar dan ruangan.

Dengan cara kasar terjemahan seni rupa didalam Bhs Inggris yaitu fine art. Tetapi sesuai sama perubahan dunia seni moderen, arti fine art jadi lebih khusus pada pengertian seni rupa murni untuk lalu menggabungkannya dengan design dan kriya ke bahasan visual arts. seni rupa terdiri jadi dua sisi yaitu senirupa murni dan senirupa terapan.

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan

1. Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni yaitu seni yang di ciptakan tanpa ada memperhitungkan fungsinya namun untuk di nikmati keindahannya. Seni rupa murni lebih bebas dan umumnya mempunyai nilai estetika yang tinggi. Fungsinya cuma untuk pajangan dan tidak bisa dipakai untuk memudahkan hidup kita. Misal seni rupa murni yaitu lukisan, kaligrafi, dan patung. Karya seni rupa murni kerap diketemukan di museum seni atau didalam bangunan juga sebagai pajangan atau penghias ruang.

Macam Macam Bidang Seni Rupa Murni yaitu

  • Seni lukis
  • Seni grafis
  • Seni patung
  • Seni instalasi
  • Seni pertunjukan
  • Seni keramik
  • Seni film
  • Seni koreografi
  • Seni fotografi

2. Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan yaitu seni yang di ciptakan untuk dipakai sehari-hari namun masih tetap mempunyai nilai estetika. Nilai estetika tak terlampau di perhatikan lantaran seniman lebih mementingkan nilai manfaat hingga seniman itu tak dapat bebas mengekspresikan dianya dalam seni rupa terapan. Seni rupa ini ada nyaris di seluruhnya benda yang kita pakai sehari-hari seperti arsitektur, baju, peralatan dapur, peralatan keagamaan, dan lain-lain. Waktu bikin suatu karya seni rupa terapan, seniman mesti memerhatikan sebagian aspek salah satunya estetika, keamanan, kenyamanan, dan nilai manfaat.

loading...

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan

contoh karya seni rupa terapan mancanegara lengkap, seni rupa kerap, contoh gambar ekspresi seni rupa, artikel permasalahan seni rupa terapan nusantara
Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan | admin | 4.5