Pengertian Seni Musik Artikel Lengkap

Asal Mula dan Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Asal Mula dan Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Pengertian Seni musik adalah satu diantara cabang seni yang memakai olah vokal, melodi, serasi, ritme, serta tempo juga sebagai fasilitas mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik sekarang ini sudah jadi satu diantara fasilitas hiburan terpopuler bersamaan dengan perubahan tehnologi sekarang ini. Seni musik terbagi dalam alunan musik dari alat musik serta sebagian memakai olah vokal. Dalam bhs Inggris, “seni” dimaksud art serta “musik” dimaksud music.

Definisi Seni Musik datang dari dua kata, yakni “seni” serta “musik”. Seni adalah hasil cipta, rasa, serta karsa manusia yang diwujudkan dalam beragam fasilitas. Sedang musik adalah hasil pemrosesan nada, melodi, serasi, ritme, vokal, serta tempo. Jadi, dengan cara harfiah seni musik adalah hasil cipta, rasa, serta karsa mausia yang diwujudkan dalam olahan nada, melodi, serasi, ritme, vokal, serta tempo. Tak ada makna kata seni musik dalam Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI) . Tetapi ada makna kata seni nada yang mempunyai arti paling dekat dari seni musik. Makna kata seni nada menurut KBBI adalah seni olah nada atau bunyi (nyanyian, musik, dsb).

Menurut Kamus Besar Bhs Indonesia (KBBI, 2008) , Pengertian musik adalah nomina (kata benda) serta mempunyai dua arti yakni :

  • Musik adalah pengetahuan atau seni pengaturan suara atau nada dalam urutan, gabungan, serta jalinan temporal untuk membuahkan komposisi (nada) yang memiliki kesatuan serta kesinambungan.
  • Musik adalah suara atau nada yang disusun sedemikian rupa hingga memiliki kandungan irama, lagu, serta keselarasan (terlebih yang memakai alat-alat yang bisa membuahkan bunyi-bunyi itu).

Asal Mula Kata Seni Musik Etimologi kata “seni” datang dari bhs Sansekerta yang bermakna “penyembahan, service, pemberian”. Ada pula yang menyampaikan bahwa asal mula istila “seni” berasa dari bhs Belanda genie yang datang dari bhs Latin yang bermakna “jenius”. Sedang etimologi kata “musik” datang dari bhs Inggris music yang datang dari bhs Yunani mousikê. Mousikê mengacu pada seluruhnya seni yang di pimpin oleh Muses yang berbentuk musik serta puisi.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli Saya berniat bedakan pengertian seni musik serta pengertian musik. Sangat banyak beberapa pakar yang coba memberi pengertian seni musik menurut pandanganya semasing. Satu diantaranya adalah Suhastjarja.

Pengertian seni musik menurut Suhastjarja adalah pengungkapan rasa keindahan seseorang manusia yang diwujudkan didalam suara atau bunyi yang selanjutnya membuahkan ritme serta serasi.

Pengertian seni musik menurut David Ewen, musik adalah ilmu dan pengetahuan serta seni perihal gabungan ritmik dari nada-nada, baik vokal ataupun instrumental, yang mencakup melodi serta serasi juga sebagai ekspresi dari semua suatu hal yang mau disibakkan terlebih segi emosional.

Pengertian seni musik menurut Adjie Esa Poetra musik adalah bunyi yang teratur, bukanlah saja berbentuk moral normatif, tetapi juga disadari sesuai berdasar pada penghitungan beberapa pakar pengetahuan fisika.

loading...

Pengertian Seni Musik Artikel Lengkap

Pengertian Seni Musik Artikel Lengkap | admin | 4.5