Makalah Sistem Pemerintahan Singapura Lengkap

Sistem Politik Pemerintahan Singapura Judicial system of Singapore

Sistem Politik Pemerintahan Singapura Judicial system of Singapore

Sistem Pemerintahan Singapura yaitu sistem demokrasi parlementer dengan jenis westminder. Bentuk negara Singapura yaitu parlementer demokratis perwakilan republik. Kepala negara Singapura yaitu Presiden. Pemerintahan digerakkan kabinet yang di pimpin oleh Perdana Menteri juga sebagai kepala pemerintahan. Singapura menggerakkan sistem multi partai. Kekuasaan eksekutif dikerjakan oleh kabinet. Kabinet mempunyai kewenangan mengatur pemerintahan serta bertanggungjawab dengan cara kolektif pada Parlemen. Seperti umumnya negara didunia sekarang ini, ada tiga cabang terpisah dari kekuasaan pemerintahan yakni legislatif, eksekutif, serta yudikatif. Tetapi, hal itu tak berarti bahwa ada pemisahan kekuasaan di Singapura.

1. Sejarah Sistem Pemerintahan Singapura

Politik di Singapura sudah didominasi oleh People’s Action Party (PAP) mulai sejak penentuan umum 1959 saat Lee Kuan Yew jadi perdana menteri pertama Singapura (saat Singapura mempunyai pemerintahan sendiri dalam Kerajaan Inggris). PAP sudah kuasai pemerintahan serta memenangkan tiap-tiap pemilu mulai sejak itu. Singapura meninggalkan Persemakmuran Inggris pada th. 1963 untuk berhimpun dengan Federasi Malaysia, tetapi diusir dari Federasi pada th. 1965 sesudah Lee Kuan Yew tak sepakat dengan pemerintah federal di Kuala Lumpur. Analisis dari politik luar negeri serta sebagian partai oposisi termasuk juga Workers’ Party of Singapore serta Singapore Democratic Party (SDP) memiliki pendapat bahwa Singapura dengan cara de facto adalah negara dengan satu partai.

Economist Intelligence Unit mengklasifikasikan Singapura juga sebagai negara “hybrid”, dengan elemen otoriter serta demokratis. Freedon House tak berasumsi Singapura juga sebagai negara “demokrasi elektoral” serta mengkategorikan Singapura juga sebagai “tidak seutuhnya bebas”. Reporters Without Borders meletakkan Singapura di peringkat 140 dari 167 negara dalam Indeks Kebebasan Pers 2005.

Hal itu bikin PAP dituduh sudah memperkerjakan penyensor, persengkongkolan, serta ajukan tuntutan perdata pada oposisi atas pencemaran nama baik atau fitnah untuk menghalangi kesuksesan mereka. Sebagian bekas serta anggota oposisi, seperti Francis Seow, JB Jeyaretnam, serta Chee Soon Juan berasumsi pengadilan Singapura untungkan pemerintah serta PAP lantaran kurangnya pembelahan kekuasaan. Tetapi ada tiga masalah di mana pemimpin oposisi Chiam See Tong menuntut menteri PAP atas pencemaran nama baik.

Sistem pemerintahan di Singapura serupa dengan Inggris. Presiden ibaratkan ratu Inggris yang cuma untuk jabatan seremonial (normalitas). Tetapi, presiden di beri kehormatan juga sebagai pemegang ketentuan kunci di Singapura. Dalam sistem politik Singapura, perdana menteri yaitu pemegang kekuasaan pemerintahan. Sama persis dengan apa yang berlangsung pada sistem pemerintahan Inggris.

2. Iklim Politik Singapura

Walau menguasai dalam kegiatannya, pemerintahannya bersih serta bebas korupsi. Singapura dengan cara berkelanjutan sudah dinilai juga sebagai negara yang paling bersih dari korupsi di Asia serta masuk ke daftar sepuluh negara terbersih dari korupsi didunia oleh Transparency International. Indikator pemerintahan Bank Dunia juga menilainya baik Singapura dalam ketentuan hukum, ingindalian korupsi, serta efektivitas pemerintahan. Tetapi banyak yang berasumsi bahwa Singapura kurang baik dalam soal sistem politik, kebebasan sipil serta politik, dan hak asasi manusia yang kurang.

Walau hukum di Singapura diwariskan dari hukum Inggris, PAP dengan cara berkelanjutan menampik nilai-nilai demokrasi liberal yang sama dengan budaya Barat serta menyebutkan bahwa tak bisa ada jalan keluar “satu ukuran berisi semuanya” untuk demokrasi. Hukum sudah membatasi kebebasan bicara yang ditujukan untuk melarang bicara yang mungkin saja untuk punya niat jelek atau mengakibatkan ketidakharmonisan dalam orang-orang Singapura yang multi agama serta multi ras. Juga sebagai misal, pada bln. September 2005, tiga orang blogger dihukum lantaran komentar hasutan pada artikel rasis yang membidik minoritas. Sebagian pelanggaran bisa mengakibatkan denda berat atau cambuk serta ada undang-undang yang sangat mungkin hukuman mati di Singapura dalam masalah pembunuhan tingkat pertama serta perdagangan narkoba. Amnesty International mengkritik Singapura serta disebutkan mempunyai tingkat kemungkinan eksekusi per kapita paling tinggi didunia. Pemerintah Singapura menyikapi dengan menyatakan itu adalah hal juga sebagai negara berdaulat untuk memberlakukan hukuman mati untuk pelanggaran serius.

3. Ekekutif

3. 1. Kabinet Singapura

Kabinet membuat kekuasaan eksekutif serta bertanggung jawab pada parlemen. Kabinet terbagi dalam anggota parlemen serta di pimpin oleh seseorang perdana menteri. Perdana menteri adalah kepala pemerintahan. Perdana menteri diambil oleh parlemen. Sedang anggota kabinet—yang juga di kenal juga sebagai menteri—diangkat oleh presiden atas anjuran dari perdana menteri. Kabinet di Singapura dengan cara kolektif mengambil keputusan kebijakan pemerintah serta mempunyai dampak atas pembuatan hukum dengan ajukan rancangan.

Menteri di Singapura yaitu politisi dengan bayaran paling tinggi didunia. Pada th. 2007 sudah terima kenaikan upah sebesar 60%. Upah Perdana Menteri Lee Hsien Loong melonjak jadi S$ 3. 100. 000, lima kali dari upah yang di terima Presiden Barrack Obama yaitu US$ 400. 000. Walau ada kemarahan umum tentang upah yang tinggi dibanding dengan ukuran negara yang ditata, ini yaitu sikap tegas pemerintah bahwa kenaikan ini dibutuhkan untuk menanggung efisiensi kelanjutan serta status bebas korupsi dari pemerintahan “kelas dunia” Singapura. Pada tanggal 21 Mei 2011 sesudah penentuan umum 2011, Perdana Menteri menginformasikan bahwa suatu komite bakal dibuat untuk meninjau remunerasi politisi, serta upah yang sudah direvisi bakal berlaku mulai sejak tanggal itu.

4. Legislatif

4. 1. Parlemen Singapura

Parlemen Singapura yaitu penguasa legislatif di Singapura dengan presiden juga sebagai kepala. Saat sebelum merdeka pada th. 1965 dikatakan sebagai Majelis Legislatif. Sekarang ini parlemen terbagi dalam 87 anggota parlemen dengan saat jabatan 5 th.. Kemudian penentuan umum mesti diadakan kurun waktu tiga bln. saat sebelum pembubaran parlemen.

4. 2. Sistem Legislatif

Saat sebelum undang-undang disahkan, pertama kalinya dikenalkan di parlemen juga sebagai draft (rancangan). Rancangan umumnya dikenalkan oleh seseorang menteri atas nama kabinet, yang di kenal juga sebagai rancangan pemerintah. Tetapi, tiap-tiap anggota parlemen bisa mengenalkan rancangan. Seluruhnya rancangan mesti lewat tiga bacaan di parlemen serta terima kesepakatan presiden untuk jadi Undang-Undang Parlemen.

Tiap-tiap rancangan jalan lewat sebagian step saat sebelum jadi undang-undang. Step pertama yaitu juga sebagai normalitas yang di kenal bacaan pertama, di mana ia dikenalkan tanpa ada perbincangan. Hal semacam ini diikuti oleh pembacaan ke-2, di mana anggota dari parlemen berdebat pada prinsip-prinsip umum rancangan. Bila parlemen menentang rancangan ini, mungkin saja rancangan ini bakal tidak diterima.

Bila gagasan jalan lewat pembacaan ke-2, tagihan bakal di check tiap-tiap klausul dalam rancangan. Anggota parlemen yang mensupport rancangan itu namun tak sepakat dengan klausul spesifik bisa mengusulkan amandemen ketetapan itu pada step ini. Sesudah laporannya kembali pada parlemen, rancangan ini bakal lewat pembacaan ketiga di mana cuma ada pergantian kecil saat sebelum ditinggalkan.

Beberapa besar rancangan disahkan oleh parlemen yang di teliti oleh Dewan Kepresidenan untuk Hak Minoritas yang bikin laporan pada Ketua Parlemen yang menyebutkan adakah klausul dalam rancangan yang memengaruhi tiap-tiap orang-orang beragam ras atau agama. Bila di setujui oleh dewan, racangan bakal di sajikan untuk kesepakatan presiden.

Step paling akhir melibatkan pemberian kesepakatan oleh presiden, saat sebelum rancangan resmi jadi undang-undang.

4. 3. Konstitusi Singapura

Konstitusi Singapura yaitu hukum paling tinggi Singapura. Konstitusi tidak bisa dirubah tanpa ada support dari kian lebih 2/3 dari anggota parlemen pada pembacaan ke-2 serta ketiga. Presiden bisa meminta pendapat perihal isu-isu konstitusional dari pengadilan yang terdiri tak kurang dari tiga hakim Pengadilan Agung.

4. 4. Presiden Singapura

Saat sebelum th. 1991, presiden yaitu kepala negara yang ditunjuk oleh parlemen. Juga sebagai hasil dari pergantian konstitusi pada th. 1991, presiden saat ini diambil segera oleh nada rakyat dengan saat jabatan 6 th.

5. Yudikatif

Kekuasaan Yudikatif di Singapura dipegang oleh Mahkamah Agung dan pengadilan bawahan Konstitusi Singapura. Mahkamah agung terbagi dalam Pengadilan Banding serta Pengadilan Tinggi. Pengadilan Banding mengatur banding pidana serta perdata, sedang Pengadilan Tinggi mengatur pidana serta yurisdiksi sipil. Ketua hakim, hakim banding, komisaris yudisial, serta hakim pengadilan tinggi ditunjuk oleh presiden dari calon yang direferensikan oleh perdana menteri. Perdana menteri mesti berkonsultasi dengan ketua mahkamah agung saat sebelum mereferensikan hakim.

6. Penentuan serta Partai Politik di Singapura

Penentuan umum harus di Singapura mulai sejak 1959. Umur pemilih yang sah yaitu 21 th.. Departemen Penentuan Singapura bertanggungjawab atas rencana, persiapan, serta pelaksanan penentuan baik penentuan presiden, parlemen, serta tiap-tiap referendum nasional di Singapura. Departemen ini ada dibawah Perdana Menteri.

Kata pencarian: Sepintas Tentang Sistem Politik Sistem Pemerintahan Singapura, Politics of Singapore, Judicial system of Singapore

loading...

Makalah Sistem Pemerintahan Singapura Lengkap

makalah sistem pemerintahan singapura, sistem pemerintahan singapura, bentuk pemerintahan singapura, bentuk pemerintahan negara singapura, sistem pemerintahan negara singapura, pemerintahan singapura ppt, makalah tentang sistem pemerintahan singapura, sistem pemerintahan singapura ppt, contoh makalah sistem pemerintahan singapura, makalah sistem pemerintahan bentuk negara singapura
Makalah Sistem Pemerintahan Singapura Lengkap | admin | 4.5