Macam Macam Seni Musik Sejarah Pertunjukan Pendidikan

Pengertian pertunjukan seni musik

Pengertian pertunjukan seni musik

Macam Macam Seni Musik Sejarah Pertunjukan Pendidikan – Seni musik yaitu satu cabang seni yang memakai musik juga sebagai fasilitas untuk mengungkap ekspresi pembuatnya. Sedang musik yaitu seni yang memakai nada yang disusun sedemikian rupa hingga memiliki kandungan irama, lagu, serta keselarasan terlebih nada yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa membuahkan irama. Sebagian orang berasumsi musik tak berwujud sekalipun. Musik menurut Aristoteles memiliki kekuatan mendamaikan hati yang gundah, memiliki therapy rekreatif, serta menumbuhkan jiwa patriotisme.

1. Pengertian Seni Musik

Seni yaitu kekuatan bikin suatu hal dalam hubungan dengan usaha meraih satu maksud yang sudah ditetapkan oleh ide spesifik. Sedang musik yaitu nada yang disusun sedemikian rupa hingga memiliki kandungan irama, lagu, serta keselarasan. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa seni musik yaitu fasilitas ekspresi seseorang seniman yang memakai nada yang disusun sedemikian rupa baik dengan memakai alat musik ataupun nada vokal.

1. 1. Etimologi Musik

Etimologi kata “musik” datang dari bhs Inggris music. Sedang kata “music” datang dari bhs Yunani mousikê. Kata itu dipakai untuk mengacu pada seluruhnya seni yang di pimpin oleh Muses. Tetapi, umumnya seni yang di pimpin oleh Muses berbentuk seni musik serta puisi. Lalu di Roma, kata ars musica dipakai untuk mengistilahkan puisi yang memakai instrumen musik.

2. Sejarah Seni Musik

Musik telah ada mulai sejak zaman di mana manusia pertama kalinya ada. Perubahan seni musik sangatlah cepat karena banyak penemuan-penemuan baru terlebih di bagian kebudayaan. Hal semacam ini bikin sejarah seni musik mesti dibagi jadi sebagian zaman untuk memudahkan tahu perubahan seni musik. Sejarah seni musik bisa dibagi jadi enam zaman. Yakni zaman prasejarah, era pertengahan, zaman Barok serta Rokoko, zaman classic, zaman romantik, serta zaman moderen.

2. 1. Musik Zaman Prasejarah

Musik telah di kenal mulai sejak hadirnya manusia Homo sapiens yakni seputar 180. 000 sampai 100. 000 th. waktu lalu. Tak ada yang tahu siapa manusia yang pertama kalinya mengetahui seni musik. Alat musik yang tertua yaitu flute yang di buat dari tulang yang sudah dilubangi. Umumnya datang dari tulang paha beruang. Flute itu disangka di buat pada 40. 000 th. waktu lalu. Koleksi alat musik zaman purba paling banyak diketemukan di Cina yang datang dari th. 7000 hingga 6600 saat sebelum masehi. Prasasti yang diisi lagu Hurrian yang bertanggal 1400 SM adalah notasi musik tertua yang pernah dicatat.

2. 2. Musik Era Pertengahan

Pada era pertengahan (476-1572 M) seni musik umumnya dipakai untuk kebutuhan aktivitas agama Kristen. Tetapi, sesudah ada beragam penemuan-penemuan baru dalam semua bagian, manfaat musik juga berkembang bukan sekedar untuk aktivitas agama. Pada zaman renaisance (1500-1600) nampak musik percintaan serta keperwiraan. Pada zaman ini musik Gereja alami kemunduran. Alat musik piano serta organ juga diketemukan pada zaman ini. Komposer yang hidup pada zaman ini yaitu Léonin, Pérotin, serta Guillaume de Machaut.

2. 3. Musik Zaman Barok serta Rokoko

Pada zaman Barok serta Rokoko (1600-1750) pemakaian ornamentik (hiasan musik) semakin geram. Tetapi, pada musik Barok pemakaiannya dikerjakan dengan cara spontan sedang pada musik Rokoko pemakaiannya dicatat serta ditata. Tokoh seni musik populer pada zaman ini yaitu Johan Sebastian Bach. Beliau yaitu pencipta musik koral untuk khotbah Gereja serta pencipta lagu-lagu instrumental. Sayangnya pada akhir saat hidupnya Sebastian Bach buta serta wafat di Leipzig.

2. 4. Musik Zaman Klasik

Sesudah zaman Barok serta Rokoko selesai, zaman classic (1750-1820) nampak. Pada zaman ini, pemakaian dinamika jadi makin lembut, pergantian tempo dengan accelerando (makin cepat) serta ritarteando (makin lembut), serta penggunaan ornamentik dibatasi. Komposer populer di zaman classic yaitu Johann Christian Bach, Joseph Haydn, Wolfgang Amadeus Mozart, serta Ludwig van Beethoven.

2. 5. Musik Zaman Romantik

Musik pada zaman romantik (1810-1900) sangatlah mementingkan perasaan yang subjektif. Musik mulai dipakai untuk mengungkap perasaan. Oleh karena itu, pemakaian dinamika serta tempo semakin banyak digunakan. Opera serta balet berkembang pada zaman ini. Komposer yang populer pada zaman ini yaitu Ludwig van Beethoven serta Franz Schubert. Pada akhir zaman romantik, orkestra berkembangan sangatlah dramatis serta jadi budaya golongan urban. Tumbuh juga bermacam keragaman teater musik yang baru seperti operet, musik komedi, serta beragam bentuk teater musikal yang lain.

2. 6. Musik Zaman Modern

Pada era ke-20, penemuan radio jadi langkah baru untuk dengarkan musik. Musik pada zaman moderen lebih fokus pada ritme, style, serta nada. Tetapi musik pada zaman ini tak mengaku ada hukum serta ketentuan. Penemuan perekam nada serta alat untuk mengedit musik memberi genre baru pada musik classic. Dengan hal tersebut, beberapa orang makin bebas mengungkap ekspresinya melalui musik.

3. Pertunjukan Seni Musik

Pengertian pertunjukan seni musik yaitu pengungkapan ekspresi dengan cara fisik pada musik. Umumnya, tiap-tiap pertunjukan seni musik bakal disediakan dengan terstruktur serta terencana. Tetapi, sering kali tiap-tiap pertunjukan diawali, gagasan bisa beralih. Lantaran suatu pertunjukan bisa diimprovisasikan. Musisi bakal sesekali memberikan improvisasi untuk bikin pertunjukan yang unik serta menarik.

3. 1. Budaya Pertunjukan Seni Musik

Banyak budaya yang diisi kebiasaan kuat dalam pertunjukan ataupun solo, seperti pada musik classic India serta kebiasaan seni musik barat. Pada budaya lain, seperti di Bali, ada kebiasaan pertunjukan berkelompok yang kuat. Pertunjukan bisa berbentuk pemain solo yang memakai improvisasi untuk kesenangan pribadi hingga yang sangatlah terencana serta teratur seperti pada musik classic moderen, upacara keagamaan, festival musik, atau pertandingan musik.

3. 2. Bentuk Pertunjukan Seni Musik

Pertunjukan seni musik mempunyai sebagian bentuk atau langkah penyajiannya. Ada yang di sajikan oleh seseorang musisi, dengan sebagian musisi, orkestra yang di hadiri beberapa orang, serta penyajian dengan musik elektrik. Seluruhnya pertunjukan seni musik dikerjakan dengan sangatlah resmi. Pemirsa diinginkan untuk tenang serta tak ribut. Tetapi, banyak penyajian musik elektrik yang dikerjakan dengan cara tak resmi. Seperti pada konser-konser di ruangan umum di mana pemirsa bebas teriak, menari, atau turut menyanyi.

3. 3. Persiapan Pertunjukan Seni Musik

Suatu pertunjukan seni musik terlebih yang bakal dipertontonkan oleh orang banyak, mesti dikerjakan dengan baik serta prima. Terdapat banyak rangkaian aktivitas yang terorganisasi untuk menyiapkan suatu pertunjukan seni musik. Hal yang perlu di perhatikan yaitu kekuatan tehnis, kekuatan berkomunikasi dengan pemirsa (dengan cara verbal ataupun dengan musik), langkah berlaku waktu tampak, menangani rasa gugup saat tampak, dan lain-lain. Hal semacam ini pasti memerlukan latihan dengan cara telaten.

4. Pendidikan Seni Musik

Pendidikan seni musik mempunyai tujuan untuk berikan peluang pada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membuat serasi, serta membuat keindahan. Dengan hal tersebut, mereka bisa membekali diri dengan pengetahuan, ketrampilan, serta tingkah laku yang bisa mereka pakai untuk menolong memecahkan permasalah hidup sehari-hari. Pendidikan seni musik dapat juga meningkatkan kepribadiannya.

4. 1. Pendidikan Seni Musik serta Sikap Toleransi

Pendidikan seni musik diinginkan dapat memfasilitasi serta mengakomodir keberagaman semasing individu peserta didik ataupun keragaman budaya semasing daerah, dan budaya nasional dalam rencana menanggapi arus globalisasi. Pendidik bisa membuat grup dalam performan pada lagu daerah, hingga bakal menolong peserta didik untuk berhubungan, berkomunikasi, serta menumbuhkan sikap toleransi sesama mereka. Kiat ini bisa memberi pengalaman serta kesadaran, dan kepedulian peserta didik bakal keberagaman kultur, serta pada akhirnya bakal kurangi prasangka pada etnis sesama peserta didik atau etnis grup lain. Hingga dengan pengurangan prasangka malah bakal menumbuhkan sikap terbuka serta terjalinnya hubungan kerja, dan iklim kultur yang positif.

4. 2. Pendidikan Seni Musik untuk Meningkatkan Kreativitas

Pendidikan seni musik bisa merangsang peserta didik untuk berkreativitas. Yakni kreatif dalam berkreasi dengan beragam alat musik atau nada vokal yang dipunyai. Aktivitas-aktivitas sekian bukan sekedar membuat kreatifitas di bagian seni musik saja, namun bisa meningkatkan pola pikir kreatif yang sangatlah bermanfaat untuk melakukan hidup di hari esok.

5. Macam-Macam Seni Musik

Banyak langkah yang bisa dipakai oleh musisi untuk mengungkap ekspresinya melalui musik. Ditambah lagi dengan kebebasan seni musik serta perubahan tehnologi di zaman moderen ini. Hal semacam ini membuat aliran/genre dalam seni musik. Semasing genre terdiri lagi jadi sebagian sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, walau kadang-kadang adalah hal yang subjektif, tetapi adalah satu diantara pengetahuan yang dipelajari serta diputuskan oleh beberapa pakar musik dunia.

Jenis jenis Genre musik yang popular sekarang ini yaitu :

Blues
Country
K-pop
Pop
Dangdut
Electronic
Easy listening
Hip hop
Jazz
R&B
Rock
Reggae

loading...

Macam Macam Seni Musik Sejarah Pertunjukan Pendidikan

tujuan makro pertunjukan musik adalah, 5 alat musik tradisional singapura, bentuk penyajian musik rock, cara penyajian musik rock, alat musik tradisional singapura, perkembangan musik singapura, alat musik singapura, alat musik tradisional singapu, alat musik daerah singapura, alat musih tradiaional khas singapura
Macam Macam Seni Musik Sejarah Pertunjukan Pendidikan | admin | 4.5