Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli – Berikut Pengertian definisi apa itu Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli – Kita pasti sudah sangat familiar dengan istilah monopoli. Bahkan monopoli menjadi hal yang tetap trend sejak dulu hingga sekarang melalui suatu bentuk permainan jual beli dan kini semakin populer di kalangan pengguna smartphone dalam bentuk permainan Get Rich yang fenomenal.

Dalam ekonomi sendiri, monopoli merupakan salah satu bentuk dari pasar persaingan tidak sempurna. Mengapa dikatakan demikian? Karena monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.  Pada pasar ini tidak ada pihak lain yang dapat menyainginya, sehingga menjadi monopoli murni. Perusahaan yang memonopoli akan menghasilkan produk yang tidak diproduksi oleh perusahaan lain, serta tidak ada produk pengganti yang mirip.

Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga, seorang monopolis dapat menaikkan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, dimana semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya.

Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka pembeli akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau bahkan kemungkinan yang lebih buruk lagi adalah pembeli akan mencarinya di pasar gelap (black market).

Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan dari suatu pasar monopoli? Untuk menjawabnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang ciri-ciri dari pasar monopoli. Adapun ciri-cirinya antara lain sebagai berikut :

1. Adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.

2. Tidak terdapatnya barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk monopolis.

3. Adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar. Hambatan ini merupakan faktor kuat mengapa pasar monopoli terbentuk. Hambatannya dapat berupa legalistas yaitu dibatasi oleh undang-undang, hambatan teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat tinggi sehingga barang sulit ditiru,  atau hambatan modal yaitu perlunya modal besar dalam memproduksi barang sejenis.

4. Pelaku pasar monopoli dapat menentukan harga barang sesuai keinginannya. Namun demikian, penjual ini tidak mempengaruhi harga dan output dari produk lain yang dijual atau ditawarkan dalam perekonomian.

5. Perusahaan monopoli akan berusaha menyulitkan pendatang baru yang ingin masuk ke pasar tersebut dengan beberapa cara, salah satu di antaranya adalah dengan cara menetapkan harga serendah mungkin.Selain itu, perusahaan juga biasanya akan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopoli sebagai satu-satunya produsen di pasar.

6. Karena sifatnya monopoli, maka perusahaan tidak memerlukan lagi adanya promosi atau iklan dalam memasarkan produknya. Tidak adanya barang alternatif atau penggantinya menyebabkan pembeli terpaksa membeli hasil produksi dari perusahaan monopoli.

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari suatu pasar monopoli, yaitu :

Kelebihan pasar monopoli :

1. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk

2. Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi

3. Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara

4. Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten

Kekurangan pasar monopoli :

1. Perusahaan lain sulit memasuki pasar

2. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan

3. Jumlah produk tergantung monopolis

4. Monopolis umumnya bertindak boros

5. Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen

Walaupun demikian, dalam suatu pasar monopoli, peran pemerintah juga diperlukan untuk mengendalikan pasar monopoli sebab jika tidak terkendali justru akan membuat perekonomian di suatu negara itu akan menjadi kacau. Untuk itu pemerintah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kekurangan dari adanya pasar monopoli dengan beberapa cara, antara lain :

Membuat Undang-Undang/peraturan yang mencegah timbulnya monopoli

Menarik pajak tinggi kepada monopolis

Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang monopolis

Ikut menentukan tinggi rendahnya barang

Membuat perusahaan sejenis

Oleh karena itu pula, ada beberapa kegiatan monopoli yang tidak dilarang, yaitu :

1. Monopoli by law : monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.

2. Monopoli by nature : monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.

3. Monopoli by license : izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.

Contoh pasar monopoli : perusahaan-perusahaan milik pemerintah seperti PLN, PDAM, PT. KAI.

loading...

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

pengganti bauksit, sumber alternatif pengganti bauksit
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli | admin | 4.5