Iklim Matahari pembagian iklim matahari di permukaan bumi

Iklim Matahari pembagian iklim matahari di permukaan bumi – Berikut Pengertian definisi apa itu Iklim Matahari pembagian iklim matahari di permukaan bumi –  Iklim adalah keadaan rata-rata udara dari suatu daerah yang relatif luas dan dalam jangka waktu yang lama (kurang lebih 30 tahun). Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut dengan klimatologi.

Iklim pada dasarnya terbagi atas dua yaitu iklim matahari dan fasis.Namun ada juga pembagian iklim menurut ahli yaitu Junghuhn dan Koppen. Berikut paparannya.

1. Iklim Matahari

Iklim matahari adalah iklim yang didasarkan atas prbedaan panas matahari yang diterima bumi. Jadi daerah-daerah yang berada pada lintang tinggi lebih sedikit memperoleh sinar matahari, sedangkan daerah yang terletak pada lintang rendah lebih banyak menerima sinar matahari.

Nah berdasarkan klasifikasi iklim matahari, iklim tersebut dapat dibedakan lagi menjadi empat jenis iklim antara lain :

Iklim Tropis.

Wilayah yang masuk kategori iklim tropis adalah wilayah yang terletak pada garis lintang 23,5 LU – 23,5 LS. wilayah beriklim tropis adalah seluruh bagian bumi dimana matahari mencapai sebuah titik diatas kepala paling tidak sekali sepanjang tahun. Dan di daerah ini hanya mengenal dua macam musim yaitu penghujan dan kemarau.

Tumbuhan dan hewan tropis adalah spesies yang hidup di daerah tropis tersebut. Istilah tropis juga kadangkala digunakan untuk menyebut tempat yang hangat dan lembap sepanjang tahun, walaupun tempat itu tidak terletak di antara dua garis balik.

Tumbuhan daerah tropis biasanya berdaun lebar dan hijau abadi (tidak menggugurkan daun), atau jika memiliki perilaku peluruh mereka tidak dipengaruhi oleh suhu atau durasi radiasi Matahari melainkan oleh ketersediaan air di tanah. Wilayah tropis di seluruh dunia dikenal dalam biogeografi sebagai wilayah pantropis (€œseluruh tropis€), untuk dipertentangkan dengan wilayah per benua, seperti Amerika tropis, atau Asia tropis.

Ciri-ciri iklim tropis

1. Suhu udara rata-rata tinggi, karena matahari selalu vertikal. Umumnya suhu udara antara 20- 23°C. Bahkan di beberapa tempat rata-rata suhu tahunannya mencapai 30°C.

2. Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil. Di kwatulistiwa antara 1 – 5°C, sedangkan ampitudo hariannya lebih besar.

3. Tekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.

Hujan banyak dan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.

Iklim Sub Tropis.

Iklim ini teletak antara 23,5 LU – 35 LU, dan 23,5 LS – 35 LS. Daerah beriklim sub tropis memiliki empat musim yaitu musim semi, panas, gugur dang musim dingin.

Keempat musim di atas memiliki karakteristik tersendiri, dengan suhu maksimal, suhu minimal, kelembaban, maupun kondisi mahluk hidup yang berbeda. Daerah subtropis di belahan bumi utara meliputi:

– Sebagian besar Eropa, kecuali Skandinavia.

– Kawasan Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Barat sebelah utara.

– Amerika Serikat dan sekelilingnya.

– Afrika Utara dan Afrika Bagian Selatan.

Sedangkan daerah di bagian selatan meliputi:

– Australia

– Bagian selatan Amerika Selatan

Ciri-cirinya iklim sub tropis

1. Batas yang tegas tidak dapat ditentukan dan merupakan daerah peralihan dari daerah iklim tropis ke iklim sedang.

2. Terdapat empat musim, yaitu musim panas, dingin, gugur, dan semi. Tetapi musim dingin pada iklim ini tidak terlalu dingin. Begitu pula dengan musim panas tidak terlalu panas.

3. Suhu sepanjang tahun menyenangkan. Maksudnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

4. Daerah sub tropis yang musim hujannya jatuh pada musim dingin dan musim panasnya kering disebut daerah iklim

5. Mediterania, dan jika hujan jatuh pada musim panas dan musim dinginnya kering disebut daerah iklim Tiongkok.

Iklim Sedang.

Iklim sedang terletak pada daerah dengan posisi 35-66,5 LU dan 35 LS, dan 66,5 LS. Perubahan di daerah ini antara musim panas dan musim dingin biasa sejuk, daripada terlalu panas atau dingin.

Ciri-ciri iklim sedang

1. Banyak terdapat gerakan-gerakan udara siklonal, tekanan udara yang sering berubah-ubah, arah angin yang bertiup berubah-ubah tidak menentu, dan sering terjadi badai secara tiba-tiba.

2. Amplitudo suhu tahunan lebih besar dan amplitudo suhu harian lebih kecil dibandingkan dengan yang terdapat pada daerah iklim tropis.

Iklim Dingin atau Kutub

Iklim dingin ini terletak di daerah kutub yaitu antara 66,5 LU-90 KU dan 66,5 LS-90 KS. Di daerah ini musim dingin berlangsung lama, musim panas yang sejuk berlangsung singkat, udaranya kering, tanahnya selalu membeku sepanjang tahun, saat musim dingin seluruh tanah ditutupi es, memiliki jenis vegetasi berupa lumut-lumutan dan semak-semak.

Wilayahnya di belahan bumi utara yaitu Amerika Utara, Greenland, dan pantai utara Siberia, sedangkan di belahan bumi selatan yaitu antartika.

Ciri-ciri iklim es atau iklim kutub

1. Suhu terus-menerus rendah sekali sehingga terdapat salju abadi.

2. Wilayahnya meliputi: kutub utara, yaitu Greenland (tanah hijau) dan Antartika di kutub selatan.

loading...

Iklim Matahari pembagian iklim matahari di permukaan bumi

Iklim Matahari pembagian iklim matahari di permukaan bumi | admin | 4.5