Hubungan antara Teks Negosiasi dan Teks Persuasi

Hubungan antara Teks Negosiasi dan Teks Persuasi – Berikut Pengertian definisi apa itu Hubungan antara Teks Negosiasi dan Teks Persuasi – Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Sedangkan Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain.

NEGOSIASI

Negosiasi merupakan suatu proses saat dua pihak mencapai perjanjian yang dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-elemen kerjasama dan kompetisi. Termasuk di dalamnya, tindakan yang dilakukan ketika berkomunikasi, kerjasama atau memengaruhi orang lain dengan tujuan tertentu. Contoh kasus mengenai negosiasi, seperti Christopher Columbus meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya saat Inggris dalam perang besar yang memakan banyak biaya atau sengketa Pulau Sipadan-Ligitan – pulau yang berada di perbatasan Indonesia dengan Malaysia – antara Indonesia dengan Malaysia.

PROSES NEGOSIASI

a. Pihak yang memiliki program (pihak pertama) menyampaikan maksud dengan kalimat santun, jelas, dan terinci.

b. Pihak mitra bicara menyanggah mitra bicara dengan santun dan tetap menghargai maksud pihak pertama.

c. Pemilik program mengemukakan argumentasi dengan kalimat santun dan meyakinkan mitra bicara disertai dengan alasan yang logis.

d. terjadi pembahasan dan kesepakatan terlaksananya program/ maksud negosiasi.

KETERAMPILAN DALAM BERNEGOSIASI

Berikut ini, adalah keterampilan -keterampilan dasar dalam bernegosiasi :

1. Ketajaman pikiran / kelihaian

2. Sabar

3. Kemampuan beradaptasi

4. Daya tahan

5. Kemampuan bersosialisasi

6. Konsentrasi

7. Kemampuan berartikulasi

8. Memiliki selera humor

CIRI-CIRI TEKS NEGOSIASI

1.negoisasi menghasilkan kesepakatan

2.negoisasi menghasilkan keputusan yg saling menguntungkan

3.negoisasi merupakan sarana untk mencari penyelesaian

4.negoisasi mengarah kepada tujuan praktis

5.negoisasi memprioritaskan kepentingan bersama

PERSUASI

Persuasi adalah komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Melalui persuasi setiap individu mencoba berusaha mempengaruhi kepercayaan dan harapan orang lain. Persuasi pada prinsipnya merupakan upaya menyampaikan informasi dan berinteraksi antar manusia dalam kondisi di mana kedua belah pihak sama-sama memahami dan sepakat untuk melakukan sesuatu yang penting bagi kedua belah pihak. Bila berkomunikasi dengan sesama, setiap individu berharap pesan yang disampaikan tersebut dapat dimengerti dan dipercayai. Persuasif merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan agar pesan yang ingin disampaikan dimengerti dan dipercayai oleh orang lain. Komunikasi persuasif membiarkan orang lain (persuadee) bebas melakukan apapun yang mereka inginkan setelah persuader berusaha meyakinkan mereka. Komunikasi persuasif menekankan keterbukaan, kepercayaan, dan praktik-praktik manajemen yang demokratis.

Seorang persuader yang baik harus mejadi pendengar yang baik, harus mampu mengumpulkan dan memberikan umpan balik, memiliki kemampuan membaca dan peka dalam memahami situasi orang lain, mampu berpikir kreatif dan menghasilkan keputusan yang baik, serta memiliki rasa empati dan selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Kemampuan mendengarkan merupakan keterampilan khusus yang sangat penting bagi setiap orang yang sedang mengalami masalah. Komponen utama bagi kemampuan mendengarkan yang efektif adalah menjadi pendengar yang baik, dan untuk menjadi pendengar yang baik harus memiliki kualitas empati. Empat stragtegi umum untuk mencapai persuasi yang efektif, yaitu:

1. Kredibilitas

2. Alasan yang logis

3. Daya tari emosional

4. Mengidentifikasi kesamaan

CIRI-CIRI PERSUASI

1. Ada kata ajakan

2. Pemberi Informasi menempatkan diri di posisi anda (soelah merasakan hal yang sama seperti ketidaknyamanan atau kegelisahan yang anda rasakan agar mendapat perhatian anda)

3. Tujuan dan ajakannya jelas

HUBUNGAN TEKS NEGOSIASI DAN TEKS PERSUASI

persuasi : teks yang bertujuan mengajak dan bersifat meyakinkan.

negoisasi : merupakan saran untuk mencari penyelesaian dan sifatnya meyakinkan.

loading...

Hubungan antara Teks Negosiasi dan Teks Persuasi

Hubungan antara Teks Negosiasi dan Teks Persuasi | admin | 4.5