Artikel Lengkap Seni Rupa – Pengertian Sejarah Cabang Seni Rupa dll

Jenis Jenis Seni Rupa dan cabang

Jenis Jenis Seni Rupa dan cabang

Artikel Lengkap Seni Rupa Pengertian Sejarah Cabang Seni Rupa dll – Seni rupa yaitu cabang seni yang membuat karya seni yang bisa diliat oleh mata serta dirasa oleh rabaan. Seni rupa adalah hasil olahan titik, garis, bagian, bentuk, volume, warna, struktur, serta pencahayaan dengan referensi estetika. Contoh seni rupa yaitu keramik, lukisan, gambar, patung, design grafis, ukiran, fotografi, video, arsitektur, dan lain-lain. Seni rupa terdiri jadi sebagian kelompok yakni seni rupa murni, seni rupa terapan, seni kriya, serta seni design.

1. Pengertian Seni Rupa

seni adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai, nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia. Sedangkan pengertian rupa adalah bentuk atau bidang.

Jadi, seni rupa memiliki arti suatu seni yang diekspresikan dalam bentuk atau pada bidang tertentu. Sedangkan jenis seni bermacam-macam. Ada seni musik, ada seni tari, ada seni teater, dan tentu saja seni rupa. Dalam bahasa Inggris, seni rupa disebut visual arts yang berarti “seni yang terlihat”. Walaupun semua jenis seni sesungguhnya dapat dilihat secara visual (misalnya, seni tari juga dapat terlihat oleh mata), tetapi arti kata visual arts tetap merujuk pada seni yang memiliki bentuk atau rupa

2. Histori Seni Rupa

Histori seni rupa benar-benar sangat terkait erat dengan perubahan peradaban manusia. Lantaran pada seni serta peradaban sama-sama berikan serta terima dampak. Seni rupa dapat juga disebutkan sebagai sisi budaya yang tua. Dalam batas-batas spesifik, seni rupa sudah ada mulai sejak manusia mengetahui peradaban. Perubahan seni rupa bisa dirunut mulai sejak jaman purbakala sampai masa moderen.

Seni rupa mulai sejak ada mulai sejak jaman prasejarah. Hal semacam ini dapat dibuktikan dengan diketemukannya beragam lukisan purbakala pada dinding atau langit gua yang dahulu pernah ditempati manusia pada jaman prasejarah. Gua itu ada di Perancis Selatan serta Spanyol Utara. Di Indonesia juga diketemukan gua seperti itu misalnya di daerah Leang-Leang. Mereka bikin gambar itu lewat cara menggores dinding gua dengan memakai batu tajam. Lalu goresan itu di beri warna dengan memakai batu dangklik serta di beri perekat berbentuk lemak hewan.

Bangsa-bangsa timur seperti India, Mesir, Persia, Babilonia, Romawi, Yunani, dan lain-lain adalah bangsa dengan peradaban yang sangatlah maju pada jamannya. Perubahan seni rupa juga begitu cepat di zaman itu. Bukti-bukti peninggalan seni rupanya umumnya diketemukan berbentuk arsitektur (bangunan). Misalnya yaitu piramida, sphinx, makam beberapa bangsawan, patung, kuil, dan lain-lain. Diluar itu, diketemukan juga relief, keramik, perhiasan, serta bahkan juga lukisan di peradaban bangsa Yunani serta Romawi kuno. Karya bangsa Romawi umumnya diketemukan di beberapa tempat tinggal bangsawan di kota Pompei.

Seni bangunan India yang populer yaitu Stamba (tugu Asoka), stupa, kuil Budha. Seni patung di India banyak di pengaruhi oleh kesenian Yunani-Romawi, meskipun umumnya patungnya berbentuk dewa-dewa Hindu serta patung Budha. Lantaran terlebih dulu India belum mengetahui patung.

Pada era pertengahan, umumnya seni rupa di pengaruhi oleh agama Nasrani (Kristen). Hal semacam ini diliat pada arsitektur gereja-gereja yang begitu artistik. Setelah itu, perubahan seni rupa juga di pengaruhi oleh beragam penemuan tehnologi. Satu diantara seniman yang populer pada zaman ini yaitu Leonardo da Vinci. Lukisan jadi satu diantara karya seni rupa pada saat itu yang paling bernilai sampai saat ini.

Setelah diketemukannya computer pada akhir era ke-20, banyak nampak type kesenian yang baru atau berkembang cepat dari mulanya. Misalnya seni grafis, seni fotografi, seni perfilman, dan lain-lain. Pada saat saat ini, kita nyaris dapat bikin karya seni rupa dengan kreatifitas yang tidak ada batas karenanya ada penemuan computer ini.

3. Cabang-Cabang Seni Rupa

Seni rupa terdiri jadi sebagian cabang yakni seni rupa murni, seni rupa terapan, seni design, serta seni kriya.

3. 1. Seni Rupa Murni

Seni rupa murni yaitu seni rupa yang di ciptakan cuma untuk di nikmati nilai estetikanya. Seni rupa murni tidak bisa dipakai dalam kehidupan keseharian. Karya seni rupa murni di ciptakan berdasar pada kreatifitas serta ekspresi pribadi pembuatnya. Contoh seni rupa murni yaitu lukisan, kaligrafi, patung, keramik, dan lain-lain.

3. 2. Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan yaitu seni rupa yang di ciptakan untuk di nikmati nilai estetikanya sekalian bisa dipakai dalam kehidupan keseharian. Biasanya seni rupa terapan dipakai sebagai alat-alat upacara atau sebagai pemenuh keperluan keseharian. Contoh seni rupa terapan yaitu ukiran, patung, batik, dan lain-lain.

3. 3. Seni Desain

Seni design yaitu seni tata letak atau perancangan. Design adalah awal dari satu product yang telah jadi. Tetapi, pengertian seni design saat ini seringkali dipakai untuk tunjukkan sistem perancangan karya-karya seni rupa terapan.

3. 4. Seni Kriya

Seni kriya yaitu cabang seni yang mengutamakan pada ketrampilan tangan yang tinggi dalam sistem pelaksanaannya. Seni kriya datang dari kata “Kr” (bhs Sanskerta) yang bermakna ‘mengerjakan’, dari akar kata itu lalu jadi karya, kriya serta kerja. Dalam makna spesial yaitu kerjakan suatu hal untuk membuahkan benda atau object yang bernilai seni. Contoh seni kriya yaitu kriya tekstil (tenunan), kriya kayu (ukiran), serta kriya keramik (gerabah, piring).

4. Pendidikan Seni Rupa

Pendidikan mengenai seni rupa telah ada mulai sejak zaman Renaissance. Lalu pada perubahannya ada sekolah seni serta fakultas seni rupa. Di Indonesia juga ada banyak fakultas seni rupa. Pengetahuan seni rupa membahas riset di bagian seni rupa, mengembangkannya, serta mengaplikasikannya pada orang-orang.

Beragam fakultas seni rupa diselenggarakan mengerti Indonesia adalah negara yang mempunyai begitu banyak budaya serta pastinya keseniannya juga berbagai macam. Oleh karena itu diperlukan riset untuk memberi pengetahuan mengenai seni itu. Selanjutnya, semua kebudayaan Indonesia sudah di ketahui hingga kelestariannya dapat dijaga dengan baik.

5. Beberapa Jenis Jenis Seni Rupa

Seni rupa terbagi dalam beberaa type. Ada seni rupa tradisional, seni rupa moderen, serta seni rupa kontemporer.

5. 1. Seni Rupa Tradisional

Seni rupa tradisional yaitu seni rupa yang melindungi sisi dari kebiasaan mulia orang-orang. Seni rupa tradisional telah ada mulai sejak turun-temurun serta telah jadi kebiasaan di orang-orang. Ciri khas satu suku atau bangsa dapat diliat dari seni rupa tradisionalnya.

5. 2. Seni Rupa Modern

Seni rupa moderen yaitu seni rupa yg tidak dibatasi oleh suku atau budaya setempat. Seni rupa moderen berbentuk universal serta tetaplah berdasar pada filosofi seni rupa, tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tak terbatas.

5. 3. Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa kontemporer yaitu satu diantara seni yang dipengaruhi efek modernisasi. Kontemporer itu berarti kekinian, moderen atau lebih tepatnya yaitu suatu hal yang sama juga dengan keadaan saat yang sama atau sekarang ini. Jadi seni kontemporer yaitu seni yg tidak terikat oleh sebagian ketentuan jaman dahulu serta berkembang sesuai sama jaman saat ini. Lukisan kontemporer yaitu karya yang dengan cara tematik merefleksikan kondisi saat yang tengah dilewati. Umpamanya lukisan yang tak akan terikat pada Rennaissance. Begitu halnya tarian, lebih kreatif serta moderen.

loading...

Artikel Lengkap Seni Rupa – Pengertian Sejarah Cabang Seni Rupa dll

contoh kritik seni patung, contoh seni rupa purbakala, perubahan fungsi karya seni rupa, reproduksi karya seni lukis, contoh mengkritik karya seni patung, contoh kritik seni rupa patung, kliping reproduksi karya seni lukis, seni rupa mancanegara beserta penjelasannya, permasalahan seni rupa terapan nusantara, Contoh seni rupa terapan mancanegara
Artikel Lengkap Seni Rupa – Pengertian Sejarah Cabang Seni Rupa dll | admin | 4.5